Hidup Cerah Anti Galau

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)

“Sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan (5) Sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan (yang lain) (6)” [Qs. Al-Insyirah (94) ayat 5-6]

Dalam hidup kita ini, masalah mungkin sering datang silih berganti. Masalah yang muncul dari pasangan, rekan, keluarga, atau orang-orang yang ada di sekeliling kita. Sejatinya, manusia pasti selalu bermasalah. Sebab, seperti itulah Sunnatullah, yang tidak akan pernah berubah. Ia merupakan ritme hidup yang harus kita lalui. Tetapi masalah bukanlah momok, bahkan ia adalah teman terindah yang pantas untuk kita syukuri.

Sebagai misal, seekor anak rajawali yang beranjak dewasa ketika dilemparkan induknya ke jurang mungkin merasakan bahwa itu adalah masalah. Dia mulanya mengira, bahwa induknya tak lagi sayang padanya. Tetapi, akhirnya dia juga tahu, bahwa memang begitulah kehidupan rajawali untuk memulai penerbangan pertama. Dan, jadilah masalah itu, sungguh menyenangkan!

Seorang sukses bukanlah orang yang tidak pernah bermasalah, karena keadaan orang hidup tidak pernah mendapat masalah itu adalah kemustahilan. Tetapi, orang sukses adalah orang yang berani menghadapi masalah kemudian menyelesaikannya dengan baik.

Anda pernah mendengar nama Syaikh Ibnu Baz? Ya, beliaulah seorang ulama yang buta. Sebagai manusia biasa, tiada mempunyai penglihatan pasti juga merupakan suatu masalah bagi beliau. Tetapi lihatlah, bagaimana beliau kemudian mensyukuri masalah tersebut dan menganggapnya sebagai karunia. Beliau mampu untuk menjadi seorang ulama, di saat kebanyakan orang yang panca inderanya sempurna justru menjadi orang-orang bodoh tentang dunia dan akhirat.

Ayat yang saya bawakan tadi, bisa kita jadikan sebagai obat penenang ketika kita menghadapi suatu masalah. Kata عُسْر yang mempunyai arti kesulitan, pada dua ayat di atas disebutkan dengan alif lam. Dalam bahasa Arab, suatu kata yang menggunakan alif lam dapat dikatakan sebagai ma’rifah (diketahui. Adapun kata يُسْر yang mempunyai arti kemudahan, dapat kita lihat sendiri, ia disebutkan tanpa alif lam!

Para mufassirin menjelaskan makna ayat tersebut, bahwa yang dimaksud sebagai kesulitan pada kedua ayat di atas adalah sama. Adapun yang dimaksud kemudahan pada kedua ayat di atas adalah berbeda. Nabi Saw. pernah bersabda,

لَنْ يَغْلِبَ عُسْرٌ يُسْرَيْنِ . أخرجه الحاكم و البيهقي

“Satu kesulitan tidak akan mampu mengalahkan dua kemudahan.” [Hr. Al-Hakim dan Al-Baihaqi]

Subhanallah! Indah nian jika kita mampu menyelami makna ayat dan hadits di atas. Karena ketika kita mampu berbuat demikian, semua kesulitan atau masalah tak akan terasa berat bagi kita. Semua problem yang menghadang, takkan jadi penghalang. “Walau.. halangan.. rintangan.. menghadang.. takkan jadi beban pikiran,” hehe… .

Nah, setelah mengetahui ini, kita sadar bahwa dengan menjadi pribadi-pribadi muslim, kita seharusnya menjadi pribadi-pribadi tangguh tahan banting. Pribadi-pribadi yang mampu menganggap masalah hanya bagaikan angin sepoi yang meniup pohon kayu yang tinggi menjulang. Takkan goyah sedikit pun dengan sebab tiupan angin itu. Takkan goyah sedikit pun dengan sebab hantaman masalah itu.

Rada mengherankan jika ada seorang muslim yang berjiwa ceng-ceng po. Kena sedikit masalah, putus asa. Terkena sedikit problem, patah semangat. Sang pusaka (Al-Qur`an dan Hadits) saja mengajari untuk selalu berjiwa optimis, kenapa tak kuat untuk menghadapi masalah?

Mulai sekarang, mari hilangkan semua pikiran negatif akibat masalah yang menghadang. Nggak jaman tuh, muslimin yang sampe nangis gara-gara kena masalah. Bangunlah! Dunia tak sekecil daun kelor dan tak sesempit lubang jarum. Songsong cahaya di depanmu, dan majulah untuk menjadi pribadi-pribadi yang tangguh!

 MASALAH? EMANG GUE PIKIRIN?

Posted by: Zairafa Al-Fikry

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s